Awas Broo, Hati-Hati Dengan Setelan Rem Belakang Motor Matik, Karena Rawan Macet

Bradersss,… pastinya sudah faham betul dong dengan fungsi rem dongg…. hehehehe… yang pastinya untuk memperlambat bahkan menghentikan laju motor. Oia buat braders yang punya motor matik perlu diperhatikan soal setelan remnya, karena matik sangat bergantung pada rem lhooo. Ini wajar, kan motor matik itu minim banget engine brakingnya. Nah, yang paling sering macet itu pada rem belakang karena kurang perawatan alias sering terabaikan.

Kenapa rem belakang sering terjadi macet….??? karena kontruksi rem belakang pada umumnya masih menggunakan slongsong kabel, apalagi pada saat musim hujan,… waduhh waduhh bisa macet-cettt dehhh… gak mau kan ngalamin kejadian begitu… Biasanya mur penyetel terkena kotoran, walhasil menutupi ulir setelan. Akibatnya tidak bisa diputar untuk melakukan penyetelan. Biasanya karena dipaksa, akhirnya kawat penghubung rusak. Gejala paling mudah yaitu saat mur setelan diputar terasa berat dan seperti ada tekanan balik.

Karena sling ikut terbawa muter, jadi lebih berat. Belum lagi gaya melawan dari sling, khususnya bila berputar sesuai arah putaran serat kawat sling tersebut… sampe disini sudah pahamkah…??? hehehe yang nulis kayak udah pinter aja,… intinya begitu lah brads,… gak percaya??? cek aja sendiri buat yang punya motor matik.

Nah,… solusinya bila sudah macet gimana dong,….??? gampang kok dan bisa diperbaiki dengan mudah. Cukup dibersihkan saja ulir yang terkena kotoran. Semprot pakai penetrant, lantas lepas mur setelan dan bersihkan alur pada drat atau ulir kawat menggunakan sikat kawat…. gimana bradss… gampang kan…. sesimpel itulah, cuma kadang kita lalai dengan hal kecil ini….

Selamat mencicipi….

Leave a Reply